Menkes: Industri Harus Jadi Peluang bagi Pembangunan Kesehatan
Posted on: June 15, 2017, by : Yancen Piris

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, untuk pertama kalinya mengunjungi Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Puskesmas Kroya 1 yang berada di Jalan Sudirman 53 Kroya menjadi destinasi pertama peninjauan di Kabupaten dengan wilayah terluas, terpadat dan terjauh dari ibu kota Kabupaten tersebut.

Saat saya melihat Cilacap, sebuah kota pelabuhan yang memiliki tambang, ini menjadi daya tarik bagi para industri tambang yang besar. Di sisi lain, keberadaan industri pertambangan akan membawa dampak yang besar pada masyarakat dan tentunya kepada kita sektor kesehatan,” tutur Menkes.

Hal ini merupakan tanggapan dari laporan singkat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Marwoto, MSi, terkait status kesehatan di Wilayah Kabupaten Cilacap dihubungkan dengan informasi yang disampaikan Direktur RSUD Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griyanadewi, bahwa penyakit terbanyak yang dilaporkan di RSUD Cilacap yaitu Demam Typhoid dan Tuberkulosis.

Kelihatannya Cilacap masih disibukkan dengan penyakit infeksi, sementara di wilayah lain adalah penyakit tidak menular (PTM). Tingginya kasus Pneumoni dan ISPA di wilayah Cilacap cukup tinggi. Ini artinya perilaku dan lingkungan menjadi faktor risikonya,” terang Menkes.

Pada kesempatan tersebut, Menkes menegaskan keberadaan industri besar di wilayah Kabupaten Cilacap seharusnya menjadi peluang untuk mengembangkan program kesehatan, jangan malah justru merugikan kesehatan masyarakat.

Saya nitip banget, Bapak Kadinkes. ─░ni harus didorong kepada Pemda, agar pelaku industri lebih bertanggung jawab kepada lingkungan, kepada kesehatan dan pendidikan masyarakat,” imbuhnya.

Menkes juga mengingatkan kepada jajaran kesehatan yang hadir, tugas kita sangat tidak ringan, yaitu membangun kesehatan masyarakat, terutama kepada Puskesmas selaku garda terdepan kesehatan agar menyadari persoalan dan menemukan penyelesaian permasalahan, serta senantiasa terus meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Tanpa kesehatan, tidak mungkin generasi kita bisa membangun bangsa yang kuat,” tandas Menkes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *