Optimalkan Daya Juang dalam Hadapi Masalah
Posted on: May 12, 2017, by : Argopandoyo Tri Hanggono

Salah satu pertanyaan yang mungkin paling sering ditanyakan adalah “Kenapa aku harus mengalami permasalahan dalam hidup?” atau “Kenapa sih Tuhan kasih aku masalah yang tak kunjung usai?” Pertanyaan atau keluhan semacam ini  mungkin sering kali di dengar. Terkadang kita menyalakan Tuhan, bahkan tak jarang cenderung menyalahkan diri sendiri akibat permasalahan yang terus menerus menghampiri.

Setiap manusia pasti mengalami permasalahan dalam hidup dan juga manusia tersebut di bekali  dengan kemampuan bagaimana menghadapi suatu masalah yang terjadi. Manusia memiliki 2 kemampuan yaitu kemampuan daya tahan dan daya juang. Daya tahan itu sendiri yaitu kemampuan seseorang untuk menghadapi permasalahan dalam hidup untuk bangkit dari kegagalan. Sedangkan daya juang itu adalah kemampuan manusia untuk melakukan perjuangan, bahkan rela berkorban dalam mengambil keputusan dalam permasalahan hidup.

Menurut Haryadi ada cara untuk mengembangkan daya juang seperti :

  1. Positif mindset yaitu bagaimana cara pandang seseorang untuk melihat suatu masalah akan terjadi di dalam hidup dan semuanya tidak berlangsung secara mulus, sebagai manusia yang menjalani kehidupan kita harus dapat mengambil keputusan terbaik dengan menimalisir konsukensi yang nanti akan muncul.
  2. Security in you yaitu setiap permasalahan yang dihadapi pasti akan timbul rasa tidak aman tetapi kita harus berpikir bahwa semua akan baik baik saja dan masalah itu akan berubah seiring berjalan nya waktu.
  3. Keep contact to orders yaitu berbagi cerita mengenai permasalahan dalam hidup yang terjadi akan membuat pikiran kita lebih tenang, bahkan saling bertukar pikiran dan menjadikan pelajaran dalam hidup. keringanan hati dan rasa nyaman yang di berikan oleh sahabat ataupun keluarga mampu membentuk  semangat baru  dan mampu menciptakan pikiran kreatif kita.

Permasalahan dalam hidup merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi dalam hidup manusia, hendaknya kita sebagai manusia tetap mejalani kehidupan dengan melakukan hal hal yang positif dan jangan cepat menyerah oleh keadaan. Apabila mengalami kegagalan dalam hidup kita harus mampu bangkit dan menjadikan permasalahan hidup sebagai cara Tuhan menaikan kualitas hidup manusia dan  menjadikan suatu masalah sebagai  batu loncatan agar kita lebih baik untuk kedepanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *