Kebiasaan Merokok di Indonesia akibatkan 235 Ribu Jiwa Melayang Setiap Tahunnya!
Posted on: May 12, 2017, by : Daniel Tanamal

Data mencengengkan tentang bahaya rokok diungkap oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), dimana epidemic konsumsi rokok di negara ini disebutkan sudah sampai di titik yang mengkhawatirkan. Lebih dari sepertiga (36.3%) penduduk Indonesia sudah dikategorikan sebagai perokok saat ini.

Bahkan kebiasaan merokok tersebut telah membuat sekira 235.000 jiwa melayang setiap tahunnya. “Bahkan, sampai menghabiskan biaya pengobatan yang sangat besar, yaitu mencapai 2 Triliyun Rupiah,” kata Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes RI, dr HR Dedi Kuswenda, MKes dalam press briefing The 4th Indonesia Conference on Tobacco or Health (ICTOH) 2017, menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), di Kemenkes, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

Data dari WHO sendiri telah menempatkan Indonesia sebagai pasar rokok tertinggi nomor tiga di dunia, setelah China dan India, dengan Prevalensi (jumlah keseluruhan kasus penyakit yang terjadi pada suatu waktu tertentu di suatu wilayah, Red) perokok laki-laki dewasanya sekira 68,8 persen di dunia. Mengejutkannya, kebiasaan merokok tak hanya dilakukan oleh dewasa laki-laki. Kaum remaja usia 15-24 tahun juga sudah banyak yang menghisap rokok.

Fakta dimana kaum remaja di Indonesia ini disebut akan menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan generasi muda Indonesia yang produktif di masa depan. “Tahun 2035 disebutkan akan tercapai window of opportunity dari bonus demografi, usia produktif akan bertambah pada tahun itu. Pertanyaanya, apakah hal itu nanti akan tercapai kalau dari sekarang saja anak sekolah sudah merokok? Bagaimana menyelamatkan generasi muda, kalau anak mudanya merokok?” tambah dr Sumarjati Arjoso, SKM, Ketua Tobacco Control Support Center dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Kemenkes sendiri terus melakukan upaya untuk menangani masalah ini, dengan bekerjasama dengan beberapa pihak seperti pembatasan iklan rokok, hingga membuka pusat konseling kesehatan untuk pecandu rokok, yang dapat dihubungi secara gratis melalui nomor 08001776565 mulai pukul 8 pagi hingga pukul 16 sore.

#StopRokok

#RokokAncamKita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *